Pengertian dan cara memainkan recorder (SBK)


recorder2Recorder adalah sebuah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tekanan dari udara yang kita tiup. Bunyi-bunyi yang dihasilkan recorder bersifat melodis, artinya alat musik ini tidak dapat memainkan chord sendirian  atau tidak dapat menjadi pengiring.  Nggak banyak orang yang tahu kalau ternyata recorder punya banyak jenis, yaitu recorder Sopranino, recorder soprano, recorder alto, recorder tenor, recorder bass, dan recorder contra brass. Recorder yang umumnya kita gunakan di sekolah adalah recorder soprano.
Recorder terbagi ke dalam 3 bagian, yaitu bagian kepala (head), bagian badan (body), dan bagian kaki (foot).  Di bagian kepala terdapat mouthpiece (tempat kita meniup) dan lubang suara. Sementara itu, di bagian badan (body) terdapat  lubang 1 s/d lubang 6 dan lubang oktaf / lubang 0 (ada di belakang recorder). Di bagian kaki (foot) terdapat lubang  7 dan lubang udara.
Posisi tangan kita saat memainkan recorder adalah tangan kanan di bagian bawah dan tangan kiri di bagian atas recorder.  Nada-nada akan dihasilkan apabila kamu menutup lubang-lubang yag ada pada recorder. Bukan Cuma sekedar buka tutup lubang, seperti kata pepatah itu loh Prelovers. Sebelumnya Kita perlu tahu dulu di mana letak jari pada tiap-tiap nada (teknik fingering)
Tangan kiri
Ibu jari menutup lobang oktaf, jari telunjuk menutup lubang 1, jari tengah menutup lubang 2, dan jari manis menutup lubang 3.
Tangan kanan
Jari telunjuk menutup lubang 4, jari tengah menutup lubang 5, jari manis menutup lobang 6, dan jari kelingking menutup lubang 7.
Nah, sekarang mari kita praktikkan nada dengan posisi jari seperti di atas.
  1. Do/ 1 : tutup semua lubang pada recorder dengan sempurna
  2. Re/ 2 : buka lubang 7
  3. Mi/3 : buka lubang 6 dan 7
  4. Fa/ 4 : buka lubang 5, 6, dan 7
  5. Sol/ 5 : buka lubang 4,5,6, dan 7
  6. La/ 6 : buka lubang 3,4,5,6, dan 7
  7. Si/ 7 :  buka lubang 2,3,4,5,6, dan 7
  8. Do tinggi /i  : tutup hanya pada lubang 2 dan lubang oktaf/ lubang 0 (pada belakang recorder)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jenis - jenis ikan dan daging (prakarya)

Teknik dasar permainan bola besar (PJOK)